Jumat, Agustus 22, 2008






Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di Desa Candi, Kecamatan bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi). Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin (berkisar antara 19-27°C) Lokasi 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Di sekitar lokasi juga terdapat hutan pinus yang tertata rapi serta mata air yang mengandung belerang.
Di kawasan ini juga terdapat arena Flying FOx sepanjang 200 m dengan ketinggian 10- 15 meter,selain itu tersedia bumi perkemahan di bawah hutan pinus yagn rindang dan sejuk, fasilitas musholla dan kamar mandi dapat dijang kau dengan mudah.Tidak kalah menarik juga terdapat arena untuk Paragliding yang dilengkapi landasan pacu di daerah lereng sebelah timur kompleks candi, apabila kondisi cuaca sedang bersahabat dan kecepatan angin normal banyak orang-orang melakukan paragliding. Fasilitas lain yang disediakan oleh pengelola Candi Gedong Songo adalah wallclimbing setinggi 30 meter, yang bisa digunakan oleh masyarakat umum. Apabila anda ingin mengelilingi kompleks candi tapi takut kelelahan di kompleks ini juga disediakan jasa persewaan kuda, dengan biaya sewa yang bervariatif berkisar antara Rp. 30.000,- sampai Rp. 40.000,- anda akan merasakan sensasi tersendiri menunggang kuda di alam bebas.
Di sepanjang jalan menuju keluar kompleks anda akan menemukan berbagai macam souvenir dan segala jenis jajan kuliner akan memanjakan selera anda, berbagai macam jenis makanan disajikan disini mulai dari sate ayam, sate kelinci, pecel pincuk, mie rebus dan lain-lain, yang menjadi kuliner khas daerah ini adalah Pecel Gendar, anda bisa memadukannya dengan mie goreng dan kerupuk karak yang gurih.
Untuk menempuhnya, diperlukan perjalanan sekitar 40 menit dari Kota Ambarawa dengan jalanan yang naik, dan kemiringannya sangat tajam (rata-rata mencapai 40 derajat). Lokasi candi juga dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dari obyek wisata Bandungan. Berikut daftar jarak tempuh menuju candi ini.

* Gedong Songo - Ungaran : 25 km
* Gedong Songo - Ambarawa : 15 km
* Gedong Songo - Semarang : 45 km



Tidak ada komentar:

Posting Komentar